Advertisement

Sabtu, 10 Oktober 2015

Inisiasi Antropologi Unair 2015 (sekilas reportase)

Ada pandangan antropologi tanpa inisiasi ibarat lebaran tanpa mudik. Benar, namanya tradisi susah untuk lekang termakan zaman. Tapi perubahan yang disesuaikan dengan kondisi jaman. Tanggal 10 Oktober 2015, usai ngopi dan mengantarkan istri ngantor. Saya melajukan motor ke arah barat, dari Pasuruan kota via Japanan lurus Mojosari dan mlipir ke selatan menuju arah Pacet. Walau sempat nyasar ke wisata Pemandian tapi tetap penasaran dengan tkp, perkemahan Sendi. 
Udara sejuk menjadi petunjuk, motor Revo hitan semakin garang lewat medan tanjakan. Ini pertama kali saya sambang ke inisiasi format baru, biasanya tempat pelaksanaan lebih banyak di Jolotundo, Coban Talun atau pernah di Nongko Jajar. Desa Sendi menjadi tempat baru sejak kepindahan saya ke Jogja tahun 2012. Tempatnya lapang, lembah yang bersuasana layaknya planet mars, siang menyengat malam menggigil. Jika mata memandang ke utara tampak gagah gunung Welirang. Sampai di lokasi siang hari, panitia dan pioner bekerja. Peserta melakukan agenda, ada outbond di siang bolong. Ada yang bedah, tentu saja wis tekane jaman jarene. 
Ingatan menerawang jaman ketika menjadi peserta tahun 2003, sabtu sepanjang hari blusukan ke rumah warga untuk wawancara sesuai tema. Ya itulah proses, menjadi calon antropolog harus tegar dan maju tak gentar bertemu, mengamati dengan orang bahkan komunitas baru. Beberapa teman bertanya bagaimana format inisiasi terkini? Ibarat laptop sekarang telah menggunakan ios baru, format kekinian untuk melunakan apapun yang dianggap keras. 
Siang beranjak waktu menunjukan pukul 15:25 WIB saya berpamitan pulang. Melewati sisi gunung menembus Claket tembus Pandaan sampai Bangil dan Pasuruan. Sepanjang jalan saya berpikiran gokil, ingin membuat spanduk bertulis "piye mbois inisiasiku biyen toh" hehe. Tapi sudah suratan jaman, inisiasi itu bagian dari proses. Saat ini inisiasi harus fokus pada kemampuan mencetak anak antrop yang penuh kompetensi, ilmiah khususnya. Pengembangan akademisi yang yahud dalam bacaan, penelitian dan tulisan.
Akhir kata, selamat beregenerasi antropologi Unair, selamat datang kerabat baru. Welcome to the jungle.
Welcome Sendi camp, Pacet, Moxer


Tempe dikare
Pantauan udara
Sepur-sepuran ben akur
Penjaga WC umum, pipis 5x gratis shampoo
Camp theatre
Divisi penerangan
Divisi perbadhogan

Renteng merenteng
Dosen pembimbing
Tanda tangan senior berhadiah tanktop
Divisi Pengairan

2 komentar:

  1. Wes wayahe upgrade utk mengikuti zaman.. smg hasilnya memuaskan.
    Guyub dan Smakin Jaya Almamater tercinta Antropologi Unair !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingat antro ingat inisiasi.. antropologi fair 2003.moon landing hehe

      Hapus